+62 (0717) 422145
Link Penting UBB

UBB On The Road

Universitas Bangka Belitung On The Road
12 Oktober 2023 | 21:20:23 WIB


Melalui MBKM-Riset, Mahasiswa IKL UBB Lakukan Penelitian organisme kriptik


 


Pulau Memperak, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur

Belitung Timur, UBB-- Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) Program Studi Ilmu Kelautan (IKL) yang tergabung di dalam tim riset Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UBB laksanakan penelitian yang berjudul “Hubungan organisme kriptik dengan terumbu karang mati Acropora sp dan Pocillopora sp di Kawasan konservasi Pulau Memperak Belitung Timur”. 


Tim riset diketuai oleh Jongki Arifandi dengan dua anggota lainnya yaitu Ervansyah Maulana dan Hendi dengan dibimbing langsung oleh Mualimah Hudatwi, S.Kel., M.Sc., selaku dosen program studi Ilmu Kelautan.


Dijelaskan, Kriptik sendiri merupakan hewan yang tersembunyi atau samar, entah mungkin karena ukurannya yang sangat kecil, pola hidupnya yang berbeda-beda di tempat-tempat yang sulit dijangkau, atau memiliki pola warna tubuh yang membuat hewan tersebut mampu menyatu dengan kondisi sekitarnya. 


Menurut Jongki,  kegiatan akuisisi data dilakukan di sebelah barat pulau. Terdapat satu stasiun dengan lima titik pengambilan sampel karang mati. Untuk mengambil sampel kriptik dilakukan pemecahan sampel karang dengan menggunakan palu dan pahat. 


“Kami juga mengukur ph air dengan ph papper, kecerahan dengan seccidisk dan salinitas air dengan refrako meter,” ujarnya.


Dirinya menambahkan, sampel kriptik dibawa ke laboratorium untuk diidentifikasi setiap jenis individu. Selain itu, parameter air yang diambil juga digunakan sebagai data pendukung penelitian. 


“Tentunya untuk mengidentifiaksi sampel kriptik, kami akan membawanya ke laboratorium untuk mengetahui jenis individunya,” tambahnya.

Proses pengambilan sampel karang mati


Sedangkan Hendi sebagai anggota berharap hasil riset ini bisa menjadi data dasar dan acuan untuk penelitian selanjutnya. 


“Semoga apa yang kami lakukan bisa bermanfaat bagi lingkungan dan orang bnyak,” pungkasnya. (Tim MBKM)

UBB On The Road

Berita UBB

UBB Perspectives